MENYAMBUT TAHUN AJARAN BARU

Sabtu, 24 Agustus 2019 STKIP Widya Yuwana mengadakan beberapa rangkaian acara menyambut Tahun Ajaran 2019/2020. Rangkaian acara tersebut terdiri dari misa pembukaan tahun ajaran baru, misa perutusan untuk mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian skripsi, serta pengarahan umum dan kuliah umum bagi seluruh mahasiswa tingkat pertama sampai tingkat akhir. Acara dibuka dengan misa kudus yang dimulai pukul 07.00 WIB dan dipimpin oleh RD. Agustinus Supriyadi. Semua petugas liturgi (misdinar, lektor, dan paduan suara) dipersembahkan oleh mahasiswa STKIP Widya Yuwana. Dalam misa tersebut, juga dilakukan perutusan mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian skripsi berjumlah 11 orang mahasiswa. Namun, yang dapat hadir saat itu hanya 8 mahasiswa. Perutusan dilakukan dengan mengucapkan janji dan pemberian patung salib oleh RD. Agustinus Supriyadi.

Usai perayaan Ekaristi dilanjutkan dengan pengarahan umum oleh beberapa narasumber yaitu Dr. Drs Ola Rongan W. M. Sc selaku Ketua STKIP Widya Yuwana, Antonius Virdei Eresto G., M.Hum selaku Pembantu Ketua I dan juga Albert I Ketut Deni Wijaya S.Pd, M.Min selaku Pembantu Ketua III. Dalam pengarahan umum ini dijelaskan tentang peraturan dan tata tertib kampus, pembagian kelas untuk tingkat I, beberapa informasi terkait presensi dan hasil studi mahasiswa. Dijelaskan pula laporan keuangan kampus baik pemasukan dan pengeluaran secara terperinci oleh bagian keuangan. Dalam pengarahan umum ini dibuka sesi tanya jawab terkait dengan segala program dan aturan yang diberikan lembaga kepada mahasiswa. Banyak saran dan aspirasi yang ditampung dalam sesi tanya jawab ini. Hal ini memang perlu dilakukan supaya dapat mencapai kinerja yang baik antara program kerja lembaga STKIP Widya Yuwana dengan sistem belajar mahasiswa.

Setelah usai pengarahan umum, maka dilanjutkan dengan penjelasan program kerja pengurus BEM STKIP Widya Yuwana yang dipaparkan langsung oleh Ignatius Rio Praseno selaku presiden BEM. Semua kegiatan diterangkan secara jelas dan terperinci. Dalam penyampaian diinfokan bahwa ada satu bulan khusus, dimana dalam bulan tersebut fokus pada satu UKM yang sudah dibagi dalam setiap program kerja yang disepakati. Selesai pemaparan program kerja, semua mahasiswa diberikan waktu sejenak untuk beristirahat.

Pukul 11.30 WIB, acara dilanjutkan kuliah umum dengan narasumber RD. Tri Budi Utama selaku Pastor Projo Keuskupan Surabaya yang menjabat sebagai Vikaris Pastoral Keuskupan Surabaya. Dalam penjelasannya, beliau memaparkan tentang “Arah Dasar Penggembalaan Keuskupan Surabaya dan Ekspektasinya bagi Katekis”, dalam pemaparannya tersebut dijelaskan tentang arah dan prospek kerja katekis setelah lulus, khususnya di wilayah keuskupan Surabaya.

Dengan adanya rangkaian kegiatan yang dimulai dari misa pembukaan tahun ajaran baru dan juga misa perutusan, pengarahan umum serta kuliah umum, maka mahasiswa diharapkan termotivasi dan semakin giat dalam mengejar targetnya dalam studi di setiap semesternya. Selain itu, program kerja dan kegiatan yang telah dibuat dan akan dilaksanakan oleh pengurus BEM dapat menjadi sarana bagi mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya dalam mengembangkan potensi yang dimiliki.

 

 

Marcella Tiara Permata Hati

Mahasiswi Tingkat I