AYO DUC IN ALTUM ! (OSPEK dan Inagurasi 2019)

STKIP Widya Yuwana memiliki berbagai kegiatan kemahasiswaan yang dilakukan rutin setiap tahunnya, salah satu di antaranya adalah kegiatan Orientasi Pengenalan Kampus atau yang lebih dikenal dengan sebutan OSPEK dan malam Inagurasi. Kegiatan ini menjadi hal yang dinanti-nanti terutama bagi para calon mahasiswa baru yang akan bergabung menjadi keluarga besar STKIP Widya Yuwana, Madiun.

Melalui tema Duc In Altum yang berarti “Bertolaklah ke Tempat yang Dalam (bersumber dari Luk 5:4)”. OSPEK kali ini memiliki harapan, agar peserta mampu berkata “Ya!” dalam menanggapi panggilan yang ada di depan mereka saat ini. Kegiatan OSPEK kali ini diikuti oleh 64 calon mahasiswa baru yang berasal dari berbagai daerah, hal ini juga menjadi kekayaan di STKIP Widya Yuwana bahwa ada Indonesia kecil di dalamnya. Selama lima hari dimulai dari tanggal 19 Agustus 2019, seluruh peserta dipersiapkan untuk semakin mengenal kampus dan mendalami panggilannya di tengah keberagaman yang ada. Serangkaian acara OSPEK diisi dengan berbagai sesi, kegiatan kerohanian, out bound, serta masih banyak lagi kegiatan kebersamaan lainnya.

Selain menyentuh sisi spiritualitas, OSPEK 2019 juga dirancang untuk dapat memberikan latihan bersosialisasi dan pengembangan intelektual bagi para pesertanya. Untuk itu, peserta OSPEK kali ini membuahkan hasil berupa proposal kegiatan yang dibuat oleh masing-masing kelompok. Pembuatan proposal ini juga menjadi bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ke-2. Beberapa tema pembuatan proposal didapat melalui hasil Search Out yang diadakan pada hari Selasa, 20 Agustus 2019 lalu. Kegiatan Search Out sendiri merupakan bentuk latihan bersosialisasi baik di tengah masyarakat yang majemuk maupun di gereja dan sekolah-sekolah Katolik.

Nilai-nilai yang hendak disampaikan dalam OSPEK Tahun Ajaran 2019/2020 ini adalah tentang militansi dalam pelayanan, hidup spiritualitas, kedisiplinan, menghargai perbedaan atau keberagaman, berpikir kritis, bekerja sama serta masih banyak nilai lainnya yang dapat diambil oleh peserta. “Di dalam panggilan yang sama kita bergandengan saling menjaga, berkarya di Widya Yuwana kita melayani demi Gereja”, begitulah penggalan lirik theme song yang panitia siapkan untuk angkatan 2019 ini yang akhirnya memilih nama pelindung Sta. Monika sebagai pelindung angkatan. Nilai yang hendak disampaikan tertuang dalam lirik theme song yang juga terinspirasi dari kalimat yang sering diucapkan oleh Dr. Drs. Wilhelmus Ola Rongan, M.Sc yakni “Together We Will Recieve More” yang memiliki makna bahwa dengan bersama-sama maka kita bisa memperoleh lebih banyak.

OSPEK Tahun 2019 ini ditutup dengan rangkaian kegiatan “Malam Inagurasi” yang dihadiri oleh seluruh keluarga besar STKIP Widya Yuwana. Malam Inagurasi menjadi puncak dari penyambutan keluarga baru yang akan berdinamika bersama dalam setiap harinya. Dalam kegiatan malam inagurasi ini setiap angkatan juga diberi kesempatan untuk mengenang kembali makna dalam OSPEK mereka masing-masing dengan menyanyikan dan menarikan theme song angkatan mereka. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan kepada para mahasiswa baru untuk tampil di depan keluarga barunya.

 

Penulis,

Shinta Christin Panjaitan

Mahasiswi Tingkat IV