STKIP WIDYA YUWANA MENGGELAR HARI STUDI DOSEN DAN MAHASISWA

Penulis: Aris ; Tanggal 7 November 2020

Kehidupan intelektual berbasis solidaritas sosial dalam bingkai iman terus dikembangkan di kampus STKIP Widya Yuwana melalui Lembaga Penelitian. Hal tersebut diwujudkan dalam kegiatan Hari Studi yang dilaksanakan setiap hari Kamis. Pada bulan November 2020 ini akan digelar sebanyak dua agenda yaitu Hari Studi Dosen dan Hari Studi Mahasiswa.

Bu Vrita selaku Ketua Lemlit menjelaskan bahwa Hari Studi Dosen akan digelar dua kali dan hasil diskusi akan dipublikasikan di jurnal ilmiah kampus JPAK (Jurnal Pendidikan Agama Katolik). “Tema yang diangkat dalam Hari Studi Dosen adalah tema mengenai pendidikan di wilayah Keuskupan Surabaya dan yang terjadi di masyarakat secara umum,” jelas Bu Vrita.

Dalam paket Hari Studi Dosen ini Lemlit STKIP Widya Yuwana akan bekerja sama dengan Institut Teologi Yohanes Maria Vianney (IMAVI) Surabaya. Selain tema pendidikan materi yang akan didalami adalah pembahasan  mengenai diseminasi Arah Dasar (ARDAS) Keuskupan Surabaya 2020-2030.

Tidak hanya dosen, ruang aktualisasi mahasiswa dalam pendalaman materi juga disediakan oleh Lemlit dan hal itu diwujudkan dalam agenda Hari Studi Mahasiswa. Pada agenda ini Lemlit akan mengoptimalkan peran mahasiswa melalui Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dengan menghadirkan pembicara dari ekternal yaitu dari Universitas Atmajaya dan Sanata Dharma, Yogyakarta dan STKIP Santu Paulus Ruteng. Pada agenda hari studi ini baik pemateri dan moderator dari mahasiswa sedangkan posisi dosen sebagai pendamping. Tema yang akan diangkat dalam hari sudi ini adalah membangun pendidikan yang inklusif.

Dijelaskan oleh Bu Vrita, maksud dari dua agenda Hari Studi ini adalah membahas tema-tema tersebut dalam kerangka toeritis dan pelaksanaan praktis di lapangan. “ Materi-materi yang dikaji dalam Hari Studi akan dijadikan bahan riset lapangan. Riset ini akan bermanfaat bagi Gereja dan masyarakat terutama yang berada di wilayah Keuskupan Surabaya. Dan semua itu akan terangkum dalam tulisan ilmiah yang akan diterbitkan dalam jurnal JPAK” jelasnya.

Sebagai tambahan informasi, untuk tahun 2020 tema yang akan diangkat oleh Lemlit STKIP Widya Yuwana dalam kegiatan riset dan pengembangan studi sosial adalah tema pendidikan yang inklusif. Lantas pada tahun 2021 mendatang adalah mengenai pendidikan multikultural.