PRESTASI MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA DALAM LOMBA PENULISAN ILMIAH

Penulis: Aris; Tanggal 7 September 2020

Ignatius Rio Praseno, mahasiswa semester 7 pada STKIP Widya Yuwana, menjadi juara III dalam lomba karya tulis ilmiah yang diadakan oleh Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dengan tulisannya yang berjudul “Edukasi Literasi Media untuk Menanggulangi Penyebaran Infodemik Terkait Pandemi Covid-19 Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru”.

Dalam tulisannya tersebut, Rio Praseno lebih menekankan pada “infodemik” yang bertujuan untuk mengedukasi para pembaca. Usaha ini ditempuh guna untuk meningkatkan kemampuan literasi media dalam menyajikan berita yang disertai dengan fakta dan data-data yang akurat yang berasal dari sumber resmi atau dapat dipercaya.

Rio juga mengungkapkan bahwa faktor psikologis dapat mempengaruhi berkembangnya berita hoax, artinya antusias warga untuk meneruskan info yang didapatkannya sangat tinggi. Kecenderungan suka melanjutkan info ini tidak dibarengi dengan adanya kesadaran untuk menyaring dan membuktikan kebenaran dari berita tersebut.

Setelah mengikuti beberapa kompetisi penulisan karya ilmiah dan mengirimkan beberapa artikel di media massa, Rio menceritakan dunia tulis menulis sangat bermanfaat bagi peningkatan keterampilan mahasiswa dan dia berharap teman-teman mahasiswa lainnya tidak ragu untuk mengikuti lomba karya ilmiah ataupun kompetisi karya yang lain, karena dengan mengikuti lomba atau kompetisi tersebut, selain prestasi yang didapat, juga membangun relasi dan komunikasi mahasiswa antar perguruan tinggi.