MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA LEBIH PERCAYA DIRI DAN INOVATIF MELALUI PRAKTIK LAPANGAN

Penulis : Aris. Tanggal 12 Agustus 2020

“Memadukan teori dan praktik di lapangan menghasilkan kebijaksanaan”. Ungkapan sederhana ini merupakan ciri khas dari mahasiswa STKIP Widya Yuwana, karena penguasaan teori yang didapat dalam proses pembelajaran di kampus kemudian langsung dipadukan dengan praktik yang dilakukan di lapangan.

Hal serupa juga diungkapkan oleh alumni STKIP Widya Yuwana, yaitu Bapak Petrus Suroto. Menurut pandangannya, sampai saat ini STKIP Widya Yuwana masih konsisten dalam melaksanakan pembelajarannya, bukan hanya sekedar teori saja yang diberikan, tetapi juga membekali kompetensi mahasiswanya dengan cara melakukan praktik lapangan. Dengan adanya praktik lapangan ini, mahasiswa akan lebih mampu mendalami dan mengerti isi materi yang sudah dipelajarinya. Selain itu, mahasiswa akan merasa lebih percaya diri dan terlatih untuk mengasah pola pikir, sehingga menjadikannya lebih inisiatif.

“Percaya diri dan kaya akan inovasi adalah hal yang harus dimiliki oleh seorang guru agama Katolik maupun seorang Katekis dan kemampuan itu sebaiknya terus diasah,” demikian tutup aktivis Kerasulan Awam (Kerawam) Paroki Santo Cornelius Madiun ini.