PENTAS SENI MAHASISWA STKIP WIDYA YUWANA “Pancasila Cerminan Budaya dan Kemajemukan Indonesia“

Penulis: Leo Dehon; Tanggal 2 Juni 2022

 

Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila (01 Juni 2022), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Widya Yuwana menyelenggarakan kegiatan Malam Keakraban Mahasiswa dalam bentuk Pentas Seni. Tema Pentas Seni tahun ini adalah “Pancasila Cerminan Budaya dan Kemajemukan Indonesia“, kegiatan ini bertempat di Auditorium Kampus STKIP Widya Yuwana. Acara pentas seni ini dihadiri seluruh civitas akademika STKIP Widya Yuwana dan tamu undangan

Acara diawali dengan tarian pembuka “Tarian Galumpank” sebagai wujud kepedulian akan pentingnya mencintai budaya Indonesia. Selain seni tari, juga ada penampilan Band dan pusisi yang dipersembahan oleh mahasiswa-mahasiswi STKIP Widya Yuwana.

Dalam acara ini juga, Bapak Dr. Drs. Ola Rongan Wilhelmus, selaku Ketua STKIP Widya Yuwana memberikan sambutannya, bahwa acara pentas seni mahasiswa STKIP Widya Yuwana Madiun yang bertepatan dengan Hari Kelahiran Pancasila bukanlah sebuah kebetulan belaka. Para pendiri dengan sadar menegaskan posisi STKIP Widya Yuwana yang memiliki identitas Katolik ini sebagai kampus dengan semangat kebangsaan. Dengan demikian, upaya terus-menerus bergumul dengan persoalan bangsa harus terus dilakukan.Seperti sekarang ini, saat bangsa tengah menghadapi menguatnya radikalisme yang berbasis identitas, maka Kampus STKIP Widya Yuwana perlu secara nyata berpartisipasi aktif merekatkan kembali semangat Pancasila dan Kebhinekaan. Kampus sebagai tempat bergumulnya kaum muda dalam menemukan identitas, harus menjadi sarana yang sangat baik menumbuhkan semangat kebangsaan dengan prinsip kebhinekaan. Ketua STKIP Widya Yuwana ini juga menyatakan apresiasinya atas jalannya acara dan menekankan bahwa kegiatan pentas seni mahasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan pelayanan di bidang pendidikan, khususnya bidang sumber daya manusia. STKIP Widya Yuwana tidak hanya melaksanakan keperluan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, tetapi juga berpartisipasi dalam upaya membangun kreativitas mahasiswa terhadap seni yang bertujuan untuk menyalurkan bakat seni.

Pentas seni sebagai wadah untuk mempererat hubungan antar mahasiswa dan seluruh civitas akademika, selain itu sebagai wahana menambah ilmu pengetahuan dan soft skill guna meraih kesuksesan dan kecerdasan intelektual dan emosional.