PERSIAPAN PADUAN SUARA “GITA WINA” MENGHADAPI LOMBA PESPARAWI TAHUN 2020

Penulis: Aris ; Tanggal 5 Oktober 2020

Lomba Pesparawi (Pesta Paduan Suara Gerejawi) tingkat Perguruan Tinggi se-Indonesia akan dilangsungkan pada tanggal 2 – 7 November 2020 dan untuk pertama kalinya UKM Paduan Suara STKIP Widya Yuwana (PS Gita Wina) mengikuti perlombaan Paduan Suara tingkat nasional. Gebrakan keluar dari “comfort zone” ini menuai apresiasi dari seluruh sivitas akademika. Segala persiapan telah dilakukan oleh tim Padus ini, dibawah bimbingan coach Fransiskus Pius Nandika Christiyanto. Menjaga fisik dan mental anggota tim agar semakin siap dalam mengikuti lomba, pun Nandika menerapkan pembinaan mentalitas dan kedisiplinan anggota tim. Tujuan pembinaan mentalitas dan kedisiplinan ini adalah untuk membangun semangat tim dan menjaga supaya tim tetap solid.

Dalam lomba yang akan digelar secara virtual oleh Universitas Tarumanegara Jakarta ini, tim Padus yang beranggotakan sebanyak 30 mahasiswa (dari angkatan 2018-2019) semakin giat berlatih mendekati hari H, yang kurang lebih tinggal satu bulan lagi. “Saat ini potensi yang ada pada anggota tim sangatlah baik. Mereka masing-masing telah memiliki kemampuan dasar paduan suara, multikultur dan kemampuan memahami materi lagu dengan cepat dan baik”, demikian penjelasan dari coach Dika.

Sebanyak 128 tim Padus yang mendaftar dari berbagai Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, lolos dalam 80 tim yang tersaring. Selanjutnya panitia menyeleksi kembali dan diambil 50 tim. Dari 50 tim tersebut, PS Gita Wina lolos dan menempati peringkat kelima. Semangat berkompetisi PS Gita Wina memang saat ini sedang ditempa, bukan hanya untuk lomba Pesparawi 2020 ini, tetapi juga untuk mempersiapkan diri mengikuti perlombaan serupa yang telah diagendakan di tahun 2021 yaitu lomba Paduan Suara di Universitas Surabaya (UBAYA) yang akan dilaksanakan pada bulan Juni dan di Universitas Soegijapranata pada bulan September tahun depan.