Visitasi Tim Asesor BAN-PT Dalam Rangka AIPT STKIP Widya Yuwana

Tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi ke STKIP Widya Yuwana di Madiun dalam rangka pelaksanaan asesmen lapangan. Kehadiran tim merupakan tindak lanjut pengajuan borang Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) kampus yang telah diajukan beberapa waktu lalu.

Dua orang asesor yang didelegasikan BAN-PT tersebut adalah  Asnath Niwa Natar, DR. M.TH – Universitas Kristen Duta Wacana dan  Agusthina Christina Kakiay, Dr. – STAK Negeri Ambon .

Pada hari pertama, Kamis, 02 Mei 2019  kegiatan dengan peninjauan perpustakaan, fasilitas pelayanan mahasiswa dan proses pembelajaran, serta prasarana dan sarana di kampus .

Tanggal 3 Mei melakukan kroscek data yang tertera dalam borang pengajuan dan menyesuaikannya dengan fakta lapangan.

Asnath Niwa Natar, DR. M.TH – Universitas Kristen Duta Wacan, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya selama dua hari bertugas melakukan asesmen lapangan yang antara lain meneliti visi dari borang yang diajukan dalam bentuk tujuh komponen. Asesor akan melakukan evaluasi dan verifikasi data, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.

“Kami akan bekerja untuk mencoba mencocokkan apakah hal-hal yang tertuang dalam borang sudah sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hasil laopran akan menjadi pertimbangan bagi BAN-PT,” ujarnya sebelum memulai pertemuan dengan pimpinan STKIP Widya Yuwana  untuk klarifikasi dan diskusi borang,

Asesmen lapangan AIPT dilanjutkan dengan wawancara para alumni, pengguna lulusan, pengurus yayasan dan mahasiswa untuk memperoleh data dan informasi pada berbagai tingkatan institusi dalam rangka verifikasi dan validasi.

Usai melakukan visitasi  asesmen lapangan dilanjutkan dengan penyerahan draf berita acara asesmen lapangan, penandatanganan berita acara asesmen lapangan, diakhiri dengan finalisasi laporan akhir asesor.