Bincang Seru E-learning dan Desain Grafis Animasi di Liputan6.com

Perkembangan teknologi membuat e-learning atau pendidikan jarak jauh menggunakan media Internet makin populer di Indonesia. Tim Liputan6.com mengundang Asfan Nurochim, seorang praktisi e-learning, untuk berbincang-bincang mengenai distance learning dan desain grafis animasi. Bertempat di SCTV Tower, lantai 14, diskusi berlangsung pada Sabtu, (20/08/2016).

 

e-learningPria lulusan Fakultas Seni Rupa dan Desain dari Universitas Sebelas Maret ini menyampaikan pendapatnya tentang desain grafis dan animasi yang saat ini sudah berkembang pesat di Indonesia. Setelah wawancara, Asfan Nurochim berbagi pengalaman dengan komunitas IDCourserians dalam acara Community Meet Up Forum Liputan6.

 

 

 

Bagaimana perkembangan desain grafis dan animasi umumnya di Indonesia?

Melihat perkembangannya di Indonesia sih, sudah cukup pesat dibanding beberapa tahun yang lalu. Kalau dulu mungkin fokusnya hanya ke hal-hal yang bersifat print out atau digital print out. Dan sekarang sudah merambah ke industri animasi, itu pun sudah semakin banyak. Dan infrastruktur yang saya lihat juga mendukung, contoh nya seseorang bisa membuat animasi pendek dan kemudian bisa publish di media sosial, dan dari situ bisa mendapatkan respon yang luar biasa, artinya tiap anak dan tiap orang kesempatannya sama untuk berperan dalam kemajuan industri grafis dan animasi pada sekarang ini.

Apa gim edukasi mampu mendukung pendidikan anak?

Menurut saya mampu yah, gim edukasi mampu mendukung pendidikan anak, terus terang saya sendiri berada dalam wilayah edukasi, walaupun koordinasi saya bukan hanya gim. Tapi part dari kerjaan saya ada yang menggunakan gim, jadi menurut saya bisa dipakai untuk pendidikan anak.

Bagaimana perkembangan pendidikan jarak jauh melalui animasi?

Kembali lagi ke fokus saya, jadi pekerjaan keseharian saya memang bergerak di distance learning, salah satu metode nya ya melalui animasi dan juga ada yang melalui gim, dan perkembangannya sangat bagus sekali.

Industri kreatif khususnya grafis dan animasi, diprediksi bertumbuh cepat di Indonesia. Apa yang harus dipelajari khususnya para pelajar dan mahasiswa, bagi yang hendak terjun ke bidang ini?

Banyak sekali, intinya mereka harus open mind, berarti harus terbuka dengan berbagai sesuatu dan segala informasi. Sekarang informasi juga sudah banyak sekali yang bisa mereka pelajari, dan mereka harus bisa memfilter, mana yang sekiranya bagus buat mereka, mana yang penting dan yang kurang penting. Kemudian harus bisa menemukan potensi diri, itu lebih penting, dimana itu akan mereka pegang sampai mereka meniti karir nanti dan bisa berkembang. Ya, itu yang sekiranya bisa dilakukan untuk mereka, apalagi yang sedang mencari jati diri.

Penulis : Estrin Vanadianti Lestari (Universitas Pancasila), Siti Nuraini Safitri (Universitas Pancasila).

Sumber Liputan6.com